Sabtu, 14 April 2012

101 Hadits tentang Budi Luhur


1. Iman dan Budi Pekerti
    Orang Mu'min yang paling sempurna imannya ialah orang yang paling baik budi pekertinya. (HR. Ahmad)



2. Hak Seorang Islam Terhadap Sesama Saudaranya
    Hak seorang Muslim terhadap Muslim lainnya enam perkara :
    1. Bila bertemu, berilah salam kepadanya.
    2. Bila dipanggil, datanglah.
    3. Apabila diminta nasihat, berilah nasihat.
    4. Apabila ia bersin lalu diiringi dengan mengucap "Alhamdulilah", maka jawablah :      "Yarhamukallah."
    5. Apabila ia sakit, jenguklah.
    6. Apbila ia meninggal, antarkanlah jenazahnya sampai ke kubur. (HR. Muslim)
3. Cinta Kepada Sesama Manusia
    Demi Tuhan ! Tidaklah sempurna iman seseorang hamba, hingga ia mencintai kepada saudaranya sebagaimana cinta kepada dirinya sendiri. (HR. Bukhary - Muslim)
4. Ukurlah Diri Dengan Orang Yang Lebih Rendah
    Pandanglah orang yang lebih rendah daripadamu, jangan memandang kepada orang yang lebih tinggi daripadamu, karena yang demikian itu lebih baik, agar kamu jangan memperkecil ni'mat karunia Tuhan yang telah dianugerahkan kepadamu. (HR. Bukhary - Muslim)
5. Hidup sederhana
    Makanlah, Minumlah, Pakailah, dan Bersedekahlah, jangan berlebih-lebihan (boros) dan janganlah untuk bermegah megahan. (HR. Abu Daud - Ahmad)

6. Berbisik
    Apabila kamu sedang bertiga, jangan berbisik berdua saja tanpa turut sertanya kawanmu yang ketiga, kecuali jika kamu sedang ada di tengah – tengah orang banyak, karena perbuatan yang demikian itu sangat mengharukan hatinya. (HR. Bukhary – Muslim)
7. Mempererat Tali Silaturahmi
    Barang siapa ingin murah rizkinya dan panjang umurnya, maka hendaklah mempererat tali hubungan silaturahmi. (HR. Muslim)
8. Menunjukkan Kepada Kebaikan
    Barang siapa menunjukkan orang supaya berbuat baik, maka orang itu beroleh pahala sama seperti pahala orang yang mengerjakannya. (HR. Muslim)
9. Keridhaan / Kemurkaan Ibu – Bapak
    Keridhaan Allah itu tergantung dari adanya keridhaan ibu – bapak, dan kemurkaan Allah itu tergantung dari adanya kemurkaan ibu – bapak. (HR. Tirmidzi)
10. Dosa – Dosa Besar
      Saya telah bertanya kepada Rasulullah saw.: Dosa apakah yang paling besar ?
      Jawab Rasulullah : Menyekutukan Tuhan yang telah menjadikanmu.
      Saya Bertanya lagi : Dosa Apa Lagi ?
      Jawab Rasulullah : Membunuh anakmu, karena engkau takut ia makan bersama – samamu.
      Saya Bertanya lagi : Dosa apa lagi ?
     Jawab Rasulullah : Berzina dengan isteri tetanggamu. (HR. Bukhary – Muslim)
11. Tanda Orang Munafik
      Tanda Orang munafik itu ada tiga :
      1. Apabila berbicara, ia dusta
      2. Apabila berjanji, ia mungkir (ingkar)
      3. Apabila dipercayai, ia khianat. (HR. Bukhary – Muslim)
12. Memaki Ibu – Bapak
      Termasuk dosa besar, memaki ibu – bapak. Orang (sahabat) bertanya : Apakah mungkin orang memaki ibu – bapaknya?  Nabi menjawab : Benar, orang itu memaki bapak orang lain, maka orang itu (membalas) memaki bapaknya, dan ia memaki ibunya, orang itu membalasnya pula memaku ibunya. (HR. Bukhary - Muslim)
13. Menahan Marah
      Orang kuat itu, bukanlah orang yang kuat bergulat, tetapi sebenarnya orang kuat itu, ialah yang dapat menahan amarahnya. (HR. Bukhary - Muslim)
14. Berkata Benar Dan Dusta
      Hendaklah kamu berkata benar, karena berkata benar itu membawa kepada kebaikan, dan kebaikan itu membawa ke syurga. Demikianlah bilamana senantiasa seseorang membiasakan berkata benar dan cenderung kepada berkata benar, akhirnya orangitu dicatat di sisi Allah sebagai orang yang selalu benar. Dan jauhilah berkata dusta, karena dusta itu membawa kepada kejahatan, dan kejahatan itu membawa ke neraka. Demikianlah bilamana Seseorang membiasakan berdusta, dan selalu cenderung berdusta, akhirnya ia dicatat di sisi Allah sebagai seorang yang sangat pendusta. (HR. Bukhary - Muslim)
15. Berzina, Minum Arak, dan Mencuri
      Orang Mu’min, sekali-kali tidak akan berzina, tidak akan minum minuman keras dan tidak akan mencuri. (HR. Bakr bin Abdirrahman)
16. Rasa Malu
      Diantara yang dapat diketahui orang dari Sabda Nabi-nabi yang dahulu-dahulu itu ialah : Kalau tidak tahu malu, berbuatlah sekehendak hatimu. (HR. Bukhary)
17. Iman Dan Malu
      Malu itu sebagian daripada iman. (HR. Bukhary - Muslim)
18. Hormat - Menghormati
      Allah telah mewahyukan kepadaku supaya hendaklah kamu hormat-menghormati satu sama lain, agar jangan ada seseorang yang menganiaya yang lain, dan agar jangan ada seseorang yang sombong terhadap yang lain. (HR. Muslim)
19. Memaki Orang Yang Sudah Mati
      Janganlah kamu mencaci-maki orang yang sudah mati, karena mereka itu telah selesai dengan apa yang mereka lakukan. (HR. Bukhary)
20. Taqwa, Amal Kebajikan dan Kelakuan Baik
      Hendaklah kamu takut kepada Allah dimana saja kamu berada, dan susullah (tutuplah) pekerjaan yang jahat dengan pekerjaan yang baik, pasti akan menghapusnya dan bergaullah dengan sesame manusia dengan kelakuan yang baik. (HR. Ahmad)
21. Jangan Mencela Makanan
      Nabi Muhammad saw. tidak pernah mencela sesuatu makanan. Maka yang diingini dimakan (asal yang halal), yang tidak diingini tidak dimakan. (HR. Ahmad)
22. Cara Memberi Salam 1
      Orang yang berkendaraan hendaklah memberi salam kepada orang yang berjalan, orang yang berjalan hendaklah memberi salam kepada yang duduk, dan orang yang sedikit jumlahnya hendaklah memberi salam kepada orang banyak. (HR. Bukhary - Muslim)
23. Cara Memberi Salam 2
      Orang yang muda memberi salam kepada orang tua. orang yang berjalan kepada orang yang sedang duduk, dan orang yang sedikit jumlahnya kepada orang banyak. (HR. Bukhary)
24. Mengambil Barang Orang Lain
      Janganlah kamu mengambil barang kepunyaan orang lain, baik bergurau (pura-pura) maupun dengan sengaja. (HR. Tirmidzi)
25. Faidah Berjabat Tangan
      Berjabatan tanganlah kamu satu sama lain, agar lenyaplah dendam - khusumat dari hatimu. (HR. Baihaqy)
26. Muslim Sejati Dan Hijrah Sebenarnya
      Orang yang sempurna Islamnya, ialah orang yang menyelamatkan orang Islam yang lainnya dari gangguan lidahnya dan tangannya, dan orang yang berhijrah sebenarnya itu ialah orang yang meninggalkan apa yang dilarang Allah. (HR. Bukhary)
27. Merubah Kemungkaran
      Barangsiapa diantaramu melihat sesuatu kemungkaran, hendaklah (berusaha) memperbaikinya dengan tangannya (kekuasaan), bila tidak mungkin hendaklah berusaha memperbaikinya dengan lidahnya (nasihat), bila tidak mungkin pula, hendaklah mengingkari dengan hatinya (tinggalkan). Itulah selemah-lemahnya Iman. (HR. Muslim)
28. Menjual, Membeli, Dan Menagih Secara Mudah
      Tuhan menyayangi seseorang yang menjual secara mudah, membeli dan menagih secara mudah. (HR. Bukhary)
29. Orang Islam Yang Utama
      Ya Rasulullah !  Siapakah gerangan orang Islam yang paling baik? Jawab Rasulullah : ialah orang Islam yang sesame orang Islam lainnya (merasa) aman dari gangguan lidahnya dan tangannya (HR. Muslim)
30. Duduk Di Antara Dua Orang
      Janganlah kamu duduk diantara dua orang kecuali dengan zeidzin keduanya. (HR. Abu Daud)
31. Pemimpin Yang Curang
      Dimana seseorang hamba Allah yang diserahi memimpin rakyat oleh Allah kemudian orang itu mati, dalam berbuatan khianat terhadap rakyatnya, maka pasti Allah haramkan ia masuk syurga. (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar